Wednesday, July 2, 2014

Google Drive, Si Peti Ajaib

Pasti sudah sering donk berhadapan dengan logo yang satu ini? Kalo aku sih, paling sering berhadapan dengannya pada saat menggunakan gmail dan akan attaching [melampirkan] file, logo di sebelah akan muncul menyarankan opsi 'insert file using drive'

Sebagai orang yang masih gaptek-gaptek dikit halah!, awalnya ga tertarik sih untuk menggunakannya. Ah, ngapain juga nambah-nambah kerjaan, ribet ah! Si Mbah ini ya, sering banget nambahin aplikasi-aplikasi baru. Kan ribet belajarnya, Mbah! Hihi. Lagian juga, kan aku sudah punya dropbox yang biasa aku pakai untuk menimbun harta karun menyimpan files.

Hingga pada suatu hari, saking seringnya melihat logo ini, tertarik juga deh hati ini untuk mengenalnya lebih dekat. Dan, Olala! Ternyata Google Drive ini tak ubahnya seperti sebuah peti ajaib, yang tak hanya ajaib, tapi juga bisa berada di mana saja lho! Bisa diakses dari mana saja, baik dari smartphone, tablet mau pun kompi! Gile beneer! Plus, ini peti ajaib juga bisa kita pakai untuk sharing/berbagi file dengan teman kita tanpa kita harus menyertakannya di dalam attachment lho! Tapinya... kalo dipikir-pikir, kok fungsinya jadi mirip-mirip dengan Google Docs ya? Ya iya lah! Kan Google Drive adalah rumah baru bagi Google Docs! Oalah, hihi. Nanya sendiri jawab sendiri, deh!

Google Drive bisa kita pakai untuk menyimpan file apa saja, mulai dari foto, cerita, desain, gambar, rekaman suara, video dan berbagai file lainnya. Keren yak? Si Mbah juga berbaik hati dengan memberi kapasitas 5 GB lho bagi kita untuk menyimpan harta karun file kita di dalam peti ajaibnya. Lalu, gimana cara mendapatkannya Al?

Nah, ternyata cara mendapatkannya juga gampang banget lho, apalagi bagi kita yang sudah memiliki akun Google, baik gmail mau pun G+, tinggal datang deh ke si Mbah dan memintanya. Bagi yang belum punya akunnya, tinggal bikin donk, gampangkan?

How To get Google Drive

1. Kunjungi si Mbah di sini.
2. Klik "Kunjungi Google Drive"
3. Klik 'Download Google Drive"
4. Ikuti petunjuk yang muncul pada saat kita men-download. --> Install software yang telah kita download. Lalu ikuti petunjuknya yang sangat mudah untuk dipahami dan diaplikasikan. 

Selamat mencoba dan sampai berjumpa lagi di dalam panduan cara berinteraksi [menggunakan] Google Drive pada postingan selanjutnya. 

Saleum,
Alaika
Bandung, 2 Juli 2014

 

5 comments:

  1. Nah itulah kelebihannya cyinn..sementara kekurangannya eike blom liat...semua bisa memudahkan buat kita..tinggal cara kitanya untuk memanfaatkannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iyaaa, tinggal bagaimana cara kita memanfaatkannya aja sih cyinn.... yuk optimalkan penggunaannya yuk!

      Delete
  2. Saya juga pakai GDrive. Untuk sharing data juga. :)

    ReplyDelete
  3. Tapi Gdrive ini kalo diaktifin terus bs ngaruh ke koneksi inet juga ya mak *agak lambat gt*
    tapi bener2 peti ajaib deh, kan lumayan bisa backup file2 penting dr pc, jaga2 kalo2 pc kenapa2 ya :D

    ReplyDelete
  4. idem mak aku suka pake Google Drive jua :)

    ReplyDelete