Tuesday, July 29, 2014

Cara Memasang Anti Klik Kanan

Pernah dibikin sebel bin kesel gegara artikel Mantemans dicopas pas pas oleh orang lain dengan semena-mena? Tanpa pemberitahuan apalagi minta ijin, eh tiba-tiba Mantemans membaca atau melihat artikel Mantemans duduk manis di sebuah portal/situs/blog lain? Hiiih!!! Sebel banget kan kalo sudah seperti itu?

Saya pernah mengalami hal seperti ini beberapa kali. Sebelnya, artikel saya dicopas dengan sempurna. Tanpa ada sedikit pun editan di sana sini. Jadi mulai dari kata-kata hingga titik komanya itu, plek plek plek! Sama persis! Aih, nangis bombay deh rasanya, Mantemans!

Akhirnya, saya minta tolong ke teman deh untuk dipasangin anti klik kanan. Emang dengan adanya anti klik kanan itu, artikel kita ga bisa dicopas lagi, ya, Al? Ya, enggak juga sih. Walo udah ada anti klik kanan, teteup aja artikel kita masih bisa dicopas. Tapi, tidak lagi semudah membalikkan telapak tangan. Tidak lagi semudah mem-blok, lalu copy, dan paste di sana. Copasser, akan butuh waktu dan usaha! Kudu mengetik ulang artikel kita, jika mereka emang minat banget untuk meng-copy-nya. Hehe.

Sebenarnya, aku pribadi sih ga keberatan jika artikel2ku itu di copy dan dishare, tapi mbok ya direvisi dikitlah. Jangan murni copy paste. Kecuali re-share langsung dari link kita, oke lah, boleh banget. Tapi kalo murni semuanya dicopy dan di-pajang-kan di sebuah situs berbayar, ya ga rela donk. Wong ide-ide kita, kok orang lain yang dapat bayarannya kan? Jadi, si copasser, kalo pun masih teteup minat, kudu usaha donk. Makanya aku setuju deh waktu disarankan untuk pasang anti klik kanan. Dan ternyata, caranya itu gampang banget lho, Mantemans! 

Cara Memasang Anti Klik Kanan pada Blogspot.

1. Buka dashboard, klik Lay Out.
2. Buka page element
3. Klik Add Gadget
4. Masukkan code di bawah ini ke widged ini:  

 <script> var message="Eits!!! Dilarang meng-copy, lho, ya!"
///////////////////////////////////
function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if 
(document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3)
{alert(message);return false;}}} if (document.layers)
{document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if
(document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;}
document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")
</script>


5. Klik Save Widget.
  • Ganti pesan peringatan 'Eits!!! Dilarang Meng-copy lho, ya!' yang berwarna merah dengan pesan peringatan baru yang Mantemans inginkan.
  • Jika berhasil, maka pesan peringatan akan muncul, ketika pengunjung blog Mantemans meng-klik kanan artikel Mantemans. 
sebuah catatan panduan,
Al, Bandung, 29 Juli 2014

1 comment:

  1. bookmark!
    nanti mau dicoba kalau situasi di rumah sdh 'aman'. makasih tipsnya, mak alaika :)

    ReplyDelete